Mengenal Ciri Ciri Hamil Anggur, Penyebab serta Solusinya

Mengenal Ciri Ciri Hamil Anggur, Penyebab serta Solusinya

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan hamil anggur itu? Ini juga dikenal dengan istilah hamil mola hidatidosa dalam bahasa medisnya. Merupakan jenis kehamilan yang abnormal saat pertumbuhan bakal janin diganti dengan tumbuhnya tumor jinak dari sel trofoblas. Trofoblas adalah sel penyusun plasenta atau saluran penghubung selama kehamilan untuk menyalurkan nutrisi dari Ibu ke janin.

Secara umum, untuk mendeteksi kehamilan seperti ini cukup sulit jika dilakukan deteksi dari luar. Hal ini karena harus dilakukan pemeriksaan lebih intensif. Bagi wanita yang mengalaminya sebenarnya tanda itu bisa dirasakan olehnya. Walaupun sebagian orang memang tak menganggap itu sebagai gejala kehamilan anggur.

Ciri Fisik Hamil Anggur

Jika kita lihat secara fisik atau kasat mata maka hamil anggur ini bisa dilihat dari bentuk penampilan fisiknya sebagai berikut.

  • Tubuh terasa letih
  • Payudara menjadi bengkak dan kaku
  • Terjadi pendarahan
  • Beser terus
  • Sensitif pada indra penciuman
  • Suhu tubuh tinggi
  • Perut kembung di atas normal ibu hamil biasanya

Walaupun ini agak sedikit sama tapi pada hamil anggur perut yang membesar disebabkan kehamilan maka ukurannya lebih besar bila dibandingkan perut wanita hamil umumnya.Perkembangan sel telur sendiri sangat cepat dan liar menjadi penyebab terjadinya hamil anggur ini sehingga janin tak dapat berkembang sempurna.

Ciri-Ciri Hamil Anggur yang Perlu Diwaspadai

Secara umum, kita bisa mengetahui gejala atau ciri penderita hamil anggur yang hampir sama dengan gejala pada orang hamil normal. Beberapa pertanda yang ditunjukan oleh wanita yang mengalami hamil anggur ini diantaranya, morning sickness, terlambat haid, dan ketika dilakukan tes kehamilan menggunakan alat tes pack hasilnya pun akan positif. Akan tetapi, gejala yang dialami nantinya akan lebih berat daripada wanita hamil normalnya. Itulah yang membuat penderita hamil anggur menjjadi terganggu.

Bukan hanya itu saja, tetapi jika fenomena tersebut semakin berkembang, ciri-ciri hamil anggur lainnya adalah Anda tidak akan sama sekali merasakan gerakan janinnya. Terlebih lagi anda juga bisa sering mengalami perdarahan serta gelembung-gelembung cairan yang mirip bentuknya seperti buah anggur.

Penyebab Hamil Anggur

Beberapa penyebab hamil anggur diantaranya adalah:

  1. Penyebab paling umum biasanya adalah karena Anda kekurangan beberapa nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti protein, karoten, dan juga asam folat.
  2. Kondisi ovum yang sudah patologis dan mati juga bisa jadi penyebabnya. Namun ini sudah terlambat untuk dikeluarkan.
  3. Terjadi imunoselektif dari trofoblas.
  4. Selain itu juga bisa disebabkan karena terjadinya infeksi virus.

Solusi Mengatasi Hamil Anggur

Dokter akan segera melakukan kuretase untuk membersihkan rahim. Namun jika pada kasus pendarahan hingga menyebabkan anemia, maka akan dilakukan transfusi darah dahulu, kemudian tetap dilakukan tindakan kuretase.

Setelah tindakan kuretase, pasien diwajibkan untuk kontrol secara teratur kepada dokter kandungan  dan menunda kehamilan kurang lebih satu hingga dua tahun lamanya.  Pasien akan tetap dipantau pada masa itu untuk mencegah kemungkinan kehamilan anggur menjadi ganas. Pemantauan dilakukan dengan cara uji laboratorium serta radiologi, sampai kada beta HCG darah kembali normal.

Pasien yang menderita hamil anggur ini sekam proses pemantauan diharuskan agar menunda kehamilan dengan cara memakai alat kontrasepsi. Yang kemudian dapat dilepaskan jika dokter mempersilahkan untuk rencana kehamilan yang selanjutnya.

Nah, semoga informasi mengenai hamil anggur ini bisa memberikan pengetahuan untuk anda dan jika terjadi hamil anggur bisa dilakukan penanganan secepatnya.