Macam Macam Sayuran Yang Baik Untuk Bayi Yang Bisa Anda Berikan

Macam Macam Sayuran Yang Baik Untuk Bayi Yang Bisa Anda Berikan

Ketika bayi anda sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat, maka pada menu makanan bayi sudah bisa ditambahkan beraneka ragam sayuran yang baik untuk bayi dan juga buah- buahan. Kita tahukan, bahwa buah dan sayur itu merupakan sumber padat nutrisi. Ini sangat dibutuhkan tubuh. Namun dalam hal ini kita harus mengetahui mana sayuran yang baik diberikan pada bayi dan mana yang tidak. Cara penyajiannya pun juga harus diperhatikan dengan benar.

Mengapa Sayuran Baik Untuk Bayi

Dalam periode masa keemasan, seorang bayi akan memerlukan asupan gizi serta nutrisi yang seimbang. Keseimbangan gizi dapat diberikan dengan cara memperhatikan jenis makanan yang telah diberikan, baik itu dari makanan utama atau makanan tambahan.

Jenis makanan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi adalah dengan meberikan sayur dan buah yang sehat. Berbagai macam jenis sayuran kadang memang sulit untuk disukai bayi. Padahal jika ini terjadi, maka bisa jadi kebiasaan tidak suka dengan sayuran akan bertahan sampai masa dewasanya.

Jenis Sayuran Sehat Untuk Bayi

Di bawah ini merupakan beberapa sayuran yang dinilai sangat baik diberikan kepada bayi jika sudah diberikan MPASI. Diantaranya adalah:

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang baik untuk mendukung perkembangan otak si kecil. Bayam mengandung banyak vitamin dan mineral di antaranya yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor dan mangan.

Selain bayam hijau, bayam merah mengandung kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium yang terdapat dalam 100 gram bayam merah yaitu sebanyak 368 miligram. Selain itu, bayam merah juga kaya akan vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan zat besi.

Tomat

Yang satu ini adalah tomat yang juga termasuk dalam keluarga sayur-mayur yang berguna untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan tomat meliputi vitamin C dan juga zat likopen yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan bayi dari serangan penyakit.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran dengan segudang nutrisi seperti misalkan beta-karoten, vitamin C, zat besi, asam folat, fitonutrien antikanker dan kalium. Brokoli juga bisa dipilih untuk asupan sayur-mayur untuk bayi Anda. Brokoli mengandung vitamin C dan termasuk sumber serat larut. Serat larut ini yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga buang air besar pada bayi Anda.

Jagung Manis

Pemberian makanan pendamping ASI untuk bayi bisa dibuat dari bahan berupa jagung manis. Sperti misalkan dibuat bubur atau sup. Jagung merupakan jenis sayuran yang kaya akan serat, protein, kerbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, asam folat, asam lemak omega 3 dan 6, kholin dan magnesium.

Tips Pemberian Sayuran Untuk Bayi

Bayi akan lebih mudah dalam menolerir sayuran ketika proses awal pemberian makanan. Bahkan, pola makan bayi seperti ini bisa menjadi kebiasaannya yang berlangsung lama sesuai dengan pertambahan usia si kecil.

Hal yang harus anda perhatikan yaitu, apabila bayi anda pada awalnya tidak menerima sayuran baru, hindari memaksa ia untuk mengkonsumsi sayuran tersebut.  Apabila bayi anda tidak tertarik dengan makanan baru, anda bisa mengeluarkannya dalam menu makanan selama 1 atau 2 hari, kemudian bisa dicoba kembali. Anda harus bersabar dalam mengenalkan makanan baru pada si kecil.

Nah, demikianlah berbagai jenis sayuran yang baik untuk bayi dan tips pemberiannya. Jadi setelah ini, berikan nutrisi lengkap pada bayi anda termasuk buah dan juga sayuran yang menyehatkan.