Inilah Cara Melahirkan Normal dan Cepat Tanpa Sakit

Inilah Cara Melahirkan Normal dan Cepat Tanpa Sakit

Saat hendak melahirkan, banyak wanita yang merasa khawatir akan melewati masa sulit saat proses itu berlangsung. Proses panjang yang perlu waktu beberapa jam dan menyakitkan. Tapi jangan khawatir, ternyata ada cara melahirkan normal dan cepat yang bisa mengurangi rasa sakit saat kontraksi dan proses persalinannya. Ibu hamil yang menjelang kelahiran sering ingin tahu bagaimana cara agar cepat kontraksi dan pembukaan supaya bayi lekas lahir. Tak usah bingung, kami punya jawabannya.

Kontraksi teratur dan rasa sakit ini mungkin mengejutkan Anda, karena kemungkinan Anda mengalami pengetatan yang sangat menyakitkan baik sebelum mencapai titik ini. Terkadang anda akan merasa bahwa proses persalinan ini sudah berlangsung lama. Hal ini memang biasa terjadi pada kehamilan pertama.

Tips Agar Cepat Kontraksi dan Pembukaan

Biasanya kita melakukan sesuatu untuk mengalihkan rasa sakit saat kontraksi itu. Misalnya, dengan melakukan hal-hal belum tentu ada manfaatnya. Yang sering dilakukan bumil adalah memukul-mukul suami, meremas-remas sesuatu bahkan berteriak-teriak.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa membuat kontraksi dan persalinan berjalan lebih cepat. Diantaranya adalah:

Berdiri dengan dua kaki terbuka

Posisi ini cukup mudah, tetapi jika merasa tidak seimbang lakukanlah sambil bersandar pada tembok. Gaya gravitasi bumi akan membantu janin mendekati jalan lahir.

Posisi Setengah duduk

Posisi ini umumnya dilakukan oleh dokter atau bidan ketika hendak melakukan pemeriksaan.

Duduk bersandar ke depan

Duduklah dengan posisi sandaran kursi di depan. Manfaatnya adalah meredakan nyeri pinggang.

Duduk di toilet atau pispot

Posisi ini dapat membantu proses mengejan karena ada gerakan usus ke bawah dan membantu perinium untuk mendorong ke bawah. Perinium adalah daerah tubuh antara anus dan vagina yang seringkali robek saat melahirkan.

Berdiri tegak dengan satu kaki naik ke atas kursi

Dengan mengangkat satu kaki ke kursi maka bisa memperlebar sisi panggul. Disamping itu posisi ini merangsang rotasi janin agar cepat turun.

Merangkak

Menggunakan posisi merangkak berkhasiat untuk dapat meredakan nyeri pinggang, juga membantu bayi bila terdapat masalah dengan tali pusat, meredakan tekanan jika Bunda menderita wasir serta mengurangi desakan mengejan yang terlalu dini.

Menungging

Jika capek dengan posisi merangkak, cobalah menungging. Posisi ini akan membantu mendorong kaki bayi keluar dari panggul selama kontraksi dan mengurangi tekanan pada leher rahim yang membengkak.

Agar Melahirkan Tidak Sakit

Satu kuncinya, tidak berpikir sama sekali. Dan suami harus ambil bagian untuk menenangkan istrinya. bagian otak manusia yang berpikir secara sadar atau disebut neokorteks berfungsi untuk menyelesaikan soal matematika, penggunaan bahasa dan menjawab pertanyaan-pertanyaan rumit. Nah, neokorteks ini berguna untuk kehidupan sehari-hari, namun dalam beberapa situasi seperti seks dan melahirkan, kita hanya perlu berhenti berpikir.

Saat wanita dapat mematikan aktivitas neokorteksnya, dengan begitu refleks janin bisa terjadi. Sehingga bayi akan keluar tanpa Anda merasakan apapun. Sedangkan banyak wanita menjadi semakin tergantung pada intervensi lain seperti penghilang rasa sakit, suntikan dan obat-obatan lainnya. Padahal, sudah menjadi kodrat wanita harus merasakannya. Ketika wanita kehilangan kemampuan untuk melahirkan normal, dia akan lebih sulit untuk menyusui.

Seperti itulah informasi yang kami sampaikan mengenai cara melahirkan normal dan cepat dan tanpa rasa sakit yang bisa anda pelajari. Yang pasti melahirkan itu merupakan sebuah hal luar biasa yang menjadi kelebihan bagi wanita. Jadi jangan takut melahirkan.