Cara Agar Seseorang Bisa Memiliki Integritas Dalam Bekerja

Cara Agar Seseorang Bisa Memiliki Integritas Dalam Bekerja

Dalam bekerja kita pernah mendengar istilah integritas. Pengertian dari integritas sendiri adalah salah satu atribut yang menjadi kunci yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Integritas merupakan konsep yang berkaitan dengan konsistensi dalam sebuah tindakan, metode, nilai, espektasi, ukuran dan lainnya yang dihasilkan. Jika seseorang mempunyai integritas dalam bekerja, itu artia ia punya pribadi yang jujur serta punya karakter kuat.

Integritas tidak muncul begitu saja, perlu belajar dari pengalaman sendiri dan juga orang lain. Kita bisa belajar dari peristiwa yang terjadi pada diri kita sendiri. Belajar dari pengalaman orang lain juga sangat penting, kadang kita mendapat pencerahan dari pengalaman orang lain. Jadilah pendengar yang baik saat mendengarkan.

Cara Mempunyai Integritas dalam Sebuah Pekerjaan

Bayangkan bila Anda menjadi orang yang tidak dipercaya orang lain. Anda mungkin akan dicap sebagai pribadi yang jelek. Besar kemungkinan Anda juga bisa terkucilkan karena dijauhi oleh teman-teman Anda. Mengerikan, bukan? nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, maka anda harus memiliki yang namanya integritas. Ini penting karena bisa membuat Anda dipercaya orang lain dalam kehidupan pribadi dan profesional.

Untuk membantu Anda meningkatkan integritas, berikut ini adalah cara sederhana yang perlu dilakukan.

Jujurlah dalam setiap komunikasi

Melatih integritas dalam komunikasi artinya mengatakan apa yang akan Anda lakukan dan kemudian melakukannya. banyak orang telah menyadari bahwa hidup penuh tantangan. Ketika anda bisa berkata jujur tentang keadaan anda, kesibukan dan juga kewajiban anda kepada orang lain mereka bisa mengerti. Sebaiknya anda jangan selalu memberikan janji yang bisa menyenangkan orang lain. Sebab ini bisamembuat hilangnya integritas dan gagalnya menjaga hubungan baik.

Jaga ucapan Anda

Sebaiknya anda jaga ucapan Anda sehingga tidak memberi janji yang tidak bisa Anda tepati. Misalnya, jika Anda tak ada waktu menghadiri sebuah pertemuan, hindari berjanji akan datang ke pertemuan itu. Katakan bahwa Anda tidak bisa menghadirinya karena sedang sibuk dengan pekerjaan atau yang lainnya.

Bertanggung jawab

Bersifat tanggung jawab untuk semua tindakan Anda. Misalnya jika tindakan Anda berujung kesalahan, jangan cuci tangan atau menyalahkan orang lain. Anda harus berani mengakui kesalahan tersebut yang menjadi tanggung jawab danĀ  perbaiki segera dengan menggunakan sumber daya yang Anda punya. Contohnya, jika Anda berjanji akan menyelesaikan laporan pada hari Kamis, tepatilah janji tersebut. Buatlah komitmen kepada diri sendiri serta berfokuslah sehingga Anda bisa menyelesaikan laporan tepat waktu.

Kelilingi diri dengan orang yang positif

Berada disekitar orang- orang yang memiliki integritas dan positif sangat baik untuk anda. Apa yang Anda berikan pada pikiran Anda akan berdampak pada apa yang akan Anda lakukan. Integritas Anda dalam hidup dipengaruhi oleh apa yang Anda masukkan ke dalam pikiran Anda. Hal ini bertujuan untuk membangun kesadaran diri, bukan untuk keamanan diri atau penilaian diri.

Analisis setiap keputusan yang diambil

Jika Anda hendak memutuskan sesuatu hal, analisislah setiap keputusan yang akan diambil. Dengan menganalisis keputusan, Anda akan sadar mana yang benar dan mana yang salah. Ini juga sekaligus akan mengesampingkan pembenaran tindakan salah yang akan Anda lakukan.

Tetap fokus

Pernahkah Anda menyadari bahwa ketika perawatan pribadi Anda hilang, maka segala sesuatunya menjadi kacau? Temukan keseimbangan hidup anda guna menjaga diri Anda, rumah tangga Anda, serta bisnis Anda sendiri.

Demikianlah beberapa cara untuk memiliki integritas dalam bekerja. Semoga yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat unrtuka anda semua.