Bagaimana Jika Keluar Flek Saat Hamil 2 Bulan? Berbahayakah?

Bagaimana Jika Keluar Flek Saat Hamil 2 Bulan Berbahayakah

Setiap pasangan suami istri selalu menantikan kehadiran buah hati tercinta. Perasaan bahagia pasti dirasakan saat dokter menyatakan bahwa sang istri positif hamil. Tetapi sering kali perasaan bahagia tersebut dibarengi dengan perasaan cemas. Hal ini terjadi ketika tiba- tiba muncul flek saat hamil 2 bulan, atau terjadi pendarahan yang dikenal dengan sebutan spotting.

Bila hal itu terjadi, apa yang sebaiknya anda lakukan? Berbahayakah jika terjadi flek? Sebenarnya munculnya flek coklat bisa terjadi saat usia kehamilan Anda berada dalam trimester pertama, atau dalam arti lain usia kehamilan masih muda. Hal ini di tandai dengan terjadinya pendarahan ringan.

Flek Saat Hamil Muda Normalkah?

Hampir 20% wanita hamil sering mengalami spotting atau keluarnya flek coklat, namun walaupun kejadian tersebut sering di alami dan dianggap sebagai satu hal yang wajar. Meskipun demikian Anda harus tetap mengkonsultasikan hal itu kepada ahlinya. Supaya tidak terjadi komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan dan juga janin yang ada di dalam kandungan Anda.

Kehamilan pada trimester pertama adalah fase yang rawan. Sebab sekitar 66% hingga 75% keguguran terjadi pada masa kehamilan muda ini, sehingga masa ini harus diperhatikan sungguh-sungguh. Flek yang parah atau pendarahan yang terus-menerus dapat menyebabkan keguguran, jika Anda mendapati hal ini, segera periksakan ke dokter kandungan. Jika flek yang muncul adalah berupa bercak walaupun itu tidak berbahaya maka sebaiknya anda  waspada terhadap keadaan tersebut.

Flek yang keluar dari area wanita bisa dikategorikan aman atau bahkan bisa dikategorikan berbahaya, hal ini dilihat dan disesuaikan dengan terjadinya pada waktu tertentu ketika Anda hamil, jumlah darah yang keluar, durasi keluarnya flek, serta beberapa gejala lainnya yang memang menyertai flek yang keluar. Flek darah akan di anggap normal jika flek keluar pada waktu awal kehamilan dengan jumlah atau volume yang sedikit serta berlangsung dalam satu hari saja.

Namun keluarnya flek akan di anggap serius dan berbahaya jika terjadinya pendarahan yang cukup serius seperti adanya keguguran yang memang disertai dengan rasa nyeri pada bagian perut Anda, dan embrio gagal berkembang setelah Anda melakukan USG terhadap rahim.

Penyebab Flek Saat Usia Kehamilan 2 Bulan

Penyebab flek pada awal kehamilan diantaranya:

  • Akibat perubahan hormonal yang menyebabkan leher rahim menjadi kaya pembuluh darah, dan terjadi peregangan struktur-struktur daerah panggul untuk menyesuaikan terhadap kehamilan dan perkembangan janin.
  • Akibat berhubungan seksual
  • Tanda adanya gangguan kehamilan seperti: keguguran, janin tidak berkembang, kehamilan ektopik
  • Stress psikologis
  • Kelelahan fisik
  • Dan lain-lain

Baiknya Anda melakukan pemeriksaan lagi ke dokter kandungan agar dapat diperiksa lagi kondisi kehamilan Anda saat ini. Apabila sudah diperiksa, maka patuhi saran dari dokter dan kontrol kembali dengan rutin. Biasanya dokter kandungan akan memberikan obat penguat berupa hormon, vitamin, dan saran untuk istirahat.

Adapun saran yang dapat saya berikan: bed rest, gunakan pembalut, catat jumlah perdarahan; hindari berhubungan seksual sampai dinyatakan aman oleh dokter kandungan; jangan menggunakan pembersih vagina dan segera cari pertolongan medis jika perdarahan semakin deras, berupa gumpalan, disertai nyeri perut hebat, lemas, pucat dan lain-lain.

Demikianlah informasi mengenai terjadinya flek saat hamil 2 bulan yang perlu anda ketahui. Dengan demikian anda akan tahu apakah itu hany flek ringan atau pertanda serius.Sehingga anda bisa melakukan tindakan tepat untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda semua.