4 Hal Yang Jadi Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan

4 Hal Yang Jadi Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan

Saat ibu berada dalam kondisi hamil memang cukup banyak gangguan, pantangan dan juga anjuran yang perlu dilakukan dengan berhati- hati. Untuk dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan juga calon bayi yang berada di dalam kandungan semuanya perlu diperhatikan. Salah satu gangguan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah kaki bengkak saat hamil 8 bulan. Lantas, sebenarnya apa yang menjadi penyebab kaki bengkak itu?

Sebenarnya ini adalah kondisi yang wajar terjadi kepada ibu hamil. Biasanya kaki bengkak terjadi saat usia kehamilannya mencapai usia 24 minggu atau bahkan bisa juga terjadi saat kehamilan 28 minggu ke atas.hampir sebagian besar ibu hamil akan mengalami kondisi ini.Pembengkakan atau edema ini sering terjadi di sekitar tungkai dan juga mata kaki.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Sebenarnya penyebab kaki bengkak saat hamil muda atau hamil tua bisa muncul dari berbagai hal. Penyebab yang umum dari pembengkakan kaki ini adalah adanya cairan yang terkumpul kemudian tertahan pada beberapa bagian tubuh. Dengan demikian akan menyebabkan saat hamil 8 bulan kaki menjadi bengkak. Bukan itu saja, ternyata disamping adanya cairan yang berkumpul dan tertahan, masih ada berbagai penyebab lainnya yang memang bisa menyebabkan kaki bengkak. Tapi masih saja banyak ibu hamil yang belum mengerti kondisi itu.

  1. Aliran Darah Tidak Lancar

Terhambat dan tersumbatnya pembuluh darah balik pada bagian kaki adalah penyebab terjandinya pembengkakan kaki. Dengan adanya bagian pembuluh darah yang tersumbat, sehingga aliran darah ke jantung akan terjadi gangguan. Dan akibatnya kaki bisa membengkak karena kondisi tersebut.

  1. Beban Berat

Kondisi kaki menerima beban yang jauh lebih berat dari biasanya. Karena anda sedang hamil berat badan terus meningkat dan itu menjadi penyebab kaki bengkak.

  1. Banyak Cairan di Kaki

Saat hamil kondisi rahim setiap hari akan terus membesar. Hal ini akan menimbulkan penimbunan cairan pada kaki sehingga akan menyebabkan kaki menjadi bengkak.

  1. Kurang Gerak

Bumil yang kehamilannya memasuki trimester akhir sering dalam kondisi duduk dan tidak beraktivitas khususnya aktivitas berat. Ini akan membuat kaki bumil jadi bengkak. Sebab proses aliran darah pada kaki tidak lancar.

Cara Alami Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Di bawah ini ada beberapa cara alami untuk mengatasi kaki ibu hamil di usia kandungan 8 bulan. Diantaranya adalah:

  1. Kurangi Asupan Garam

Makanan untuk mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil adalah dengan embatasi konsumsi berbagai makanan yang mempunyai kandungan garam berlebih. Mengapa? sebab garam punya sifat mudah menyerap cairan dan dapat mengakibatkan kaki menjadi bengkak.

  1. Jangan Terlalu Lama Berdiri

Bila Anda terpaksa untuk berdiri dalam waktu yang lama, maka sebaiknya Anda bisa berjalan sebentar untuk menghindari pembengkakan yang terjadi pada kaki. Karena dengan Anda berjalan, maka bisa memperlancar sirkulasi di sekitar kaki.

  1. Banyak Minum Air Putih

Ini juga sangat membantu Anda agar tidak mengalami kaki bengkak yang terlalu parah. Bahkan, mengkonsumsi air putih yang cukup juga bisa mengurangi beberapa keluhan yang sering Anda alami selama menjalankan masa kehamilan.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai penyebab kaki bengkak saat hamil 8 bulan dan juga cara untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda. Memang kaki bengkak saat hamil sebuah hal yang wajar. Namun hal ini akan menyebabkan bumil merasa tidak nyaman apalagi jika hanya dibiarkan. Jadi informasi ini bisa membantu anda dalam mengatasi kaki bengkak saat hamil.